charm10-11 Februari 2009 adalah acara CHARM (Chalmers Arbetsnarknadsdagar), sejenis pameran dan bursa kerja di kampus Chalmers, tempatku kuliah saat ini. Bertempat di Student Union Building (kayak BEMnya), berkumpul berbagai macam perusahaan mulai dari oil company, jasa, alat-alat berat, hingga sekelas Volvo ada disini.

Acara tahunan yang diadakan kampusku ini terbilang pengalaman baru untuk mahasiswa internasional sekelasku. Acara sudah dipersiapkan seminggu sebelumnya, desain stand pun selesai hari jum’at. Padahal salah satu ruangan digunakan untuk shalat jum’at oleh mahasiswa muslim di Chalmers, tapi dengan lobi dari teman-teman akhirnya kami shalat jum’at berkarpet merah, keren juga.

Ramai, itulah kesan pertama terlihat. Antusias pengunjung dan penjaga stand memberikan informasi membuat suasana begitu intelek. Tapi kadang yang membuat sedikit pusing, ketika profil perusahaan ditampilkan dalam Svenska (bahasa Swedia) ditambah lagi penjelasan yang dilakukan penjaga stand juga dalam bahasa Svenska. Maklum, penulis Cuma bisa bahasa Swedia kelas minimal, tahunya Cuma Ursåkta (maaf), Tack Sumycket (makasi banyak), Heido (selamat tinggal), Gottä Morgo (met pagi), gratis (gratis), dan rea (obral).

Tak mau berkecil hati, ada aktivitas lain yang menarik untuk dicoba dan sepertinya bermanfaat yaitu berburu souvenir. Maklum mahasiswa rantau, jika ada acara-acara pameran yang diburu adalah yang gratisan. Hari itu (10 Februari 2009), waktunya untuk berburu aneka merchandise perusahaan. Niatnya untuk dijadikan oleh-oleh, mumpung gratisan. Ada berbagai macam merchandise, mulai dari pulpen, pensil (baik kayu maupun yang bisa isi ulang), permen, coklat, pembuka botol, hingga tempat air minum. Semua diborong, demi satu tujuan siapa tahu jadi oleh-oleh. Dasar mahasiswa!

1 tas, hasil jarahanku dari pameran ini terisi cukup penuh. Sedikit memang, karena ada 1 lokasi lagi yang belum kukunjungi yaitu di gedung Arsitekturnya Chalmers. Ada informasi dari teman bahwa disana ada merchandise USB 1 GB dari Siemens, nampaknya menggiurkan. Apalagi ada game yang disediakan suatu perusahaan yang hadiahnya USB 2 GB dan tiket jalan-jalan ke salah satu negara Eropa. Wah, nampaknya menarik nih.

Karena tulisan ini ditulis tanggal 11 Februari jam 07.00, jadi masih ada waktu untuk berburu. Tak lupa dengan niat untuk dijadikan oleh-oleh waktu balik ke Indonesia. Mumpung gratisan, mari berburu souvenir di pameran kerja Chalmers. Doakan ya, moga dapat tiket jalan-jalan ke Eropa (padahal Swedia juga Eropa) juga hadiah USB, sapa tahu salah satu dari pembaca akan dapat oleh-oleh dari saya. Avancez!